Membentuk dan Mengelola Brand
Sunday, 23 December 2012
Add Comment
Membentuk dan Mengelola Brand
Fase Satu : Mengembangkan Brand Vision
Pertama,definisikan sasaran dan tujuan strategis dan finansial yang dapat membantu pencapaian brand Anda :
a) Bagaimana sebaliknya Brand Vision Anda dihubungkan dengan corporate vision? Jika tidak terhubung,dapatkan Brand Asset Manajemen membentuk hubungan tersebut?
b) Apakah senior management setuju terhadap sasaran dan tujuan brand?Akankah brand dilihat sebagai aset atau secara sederhana sebagai alat marketing?
Fase Dua : Menentukan Gambaran Brand Anda
Maksud dari fase ini adalah untuk memahami persepsi dan persektif konsumen mengenai brand anda yang relatif dengan tumbuhnya persaingan dan peluang.Fase ini mengajukan pertanyaan –pertanyaan sebagai berikut :
a) Di antara konsumen sekarang dan konsumen sasaran,apa brand yang benar-benar berarti saat ini? Apa kekuatan dan kelemahannya?Bagaimana brand kita dibandingkan dengan brand pesaing kita?
b) Seberapa konsistenkah brand image kita di berbagai segmen konsumen?
c) Image apa yang ingin dimiliki brand kita di masa yang akan datang?Kontrak apa yang diinginkan?Bagaimana kami akan menjembatani celah antara hari ini dan besok?
d) Apa yang tidak memnuhi kebutuhan konsumen dan apa yang harus diisi oleh brand kita dari waktu ke waktu?
Fase Tiga : Mengembangkan Brand Asset Management Strategy
Maksud dari fase ini adalah untuk menentukan strategi berbasis brand yang benar untuk mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan dalam Brand Vision dan dalam persepsi dan perspektif berbasis pasar dari Brand Picture.Fase ini mengarah pada pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
1) Strategi berbasis brand apa yang harus kita gunakan untuk memenuhi pertumbuhan sasaran yang ditetapkan dalam Brand Vision kita?
2) Dimana posisi yang sebenarnya dari brand kita?
3) Apa peluang produk baru yang ada untuk brand kita?
4) Strategi channel apa yang akan mendukung sasaran dan tujuan kita untuk brand?Cara tebaik apa yang dapat digunakan untuk mempengaruhi channel dengan brand kita?
5) Dapatkah kita menghargai brand kita dengan harga premium berdasarkan pada kekuatannya bila dibandingkan dengan pesaing kita?Berapa besar harga premiumnya?Bagaimana lagi kita dapat menggunakan brand kita untuk meningkatkan keuntungan?
6) Taktik komunikasi apa yang dapat memperkuat brand kita dan memaksimalkan nilai asetnya?Dimanakah kekuatannya dalam proses penjualan?
Fase Empat : Mendukung Brand Asset Management Culture
Maksud dua langkah dalam fase ini adalah untuk menentukan bagaimana agar organisasi anda dapat mendukung keberadaan brand sebagai aset dan memastikan strategi yang anda rekomendasikan untuk dilaksanakan dan diukur.Fase ini mengarah pada pertanyaan-pertanyaan berikut :
1) Bagaimana sebaiknya kita membentuk organisasi kita untuk memaksimalkan keberhasilan brand?Bagaimana kita meninjau dan menghargai yang terlibat dalam mengelola brand sebagai aset?
2) Metrik apa yang sebaiknya kita gunakan untuk mengevaluasi kinerja brand kita?
3) Bantuan apa yang diberikan metrik tersebut kepada kita dalam membuat keputusan?
4) Bagaiman kita melatih dan mendidik karyawan mengenai strategi Brand Asset Management secara lebih efektif?

0 Response to "Membentuk dan Mengelola Brand"
Post a Comment